Thank you for visiting my blog, if you want to find all my post, I suggest to see Daftar Tulisan, there you'll found all my posts. If there's a question, feel free to contact me. Happy Blogging...!!!

Minggu, 20 Maret 2011

Sekilas Conditional Tag

Nyontek dari orang lain itu tidak dibenarkan oleh siapapun juga, apalagi di saat ujian. Posting kali ini juga merupakan hasil nyontek, hanya saja contekan ini berupa sedikit pengetahuan dan pengalaman. Judul posting ini adalah "Sekilas Conditional Tag", saya memilih judul ini karena memang bukan ahli dan juga tidak begitu mendalam, hanya sekedar tahu saja.

Langsung saja. Conditional Tag ini berupa kode-kode tertentu, digunakan untuk menyatakan kondisi yang harus dilakukan dalam tampilan suatu halaman. Biasanya cenderung pada penempatan isi dari halaman. Misalnya saja tanda "==" menyatakan "sama dengan"atau "equal to", dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh penerapan kode, maka ditulis sebagai berikut:

Contoh 1:
<b:if cond='"data:blog.url == data:blog.homepageUrl"'>
<style>
<-- Isi di sini akan ditampilkan pada halaman utama saja -->
</style>
</b:if>

Contoh 2:
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'>
<style>
<-- Isi di sini akan di tampilkan pada halaman statis saja -->
</style>
</b:if>

Contoh 3:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>
<-- Isi akan ditampilkan pada halaman postingan -->
</style>
</b:if>

Contoh 4:
<b:if cond='data:blog.url == "Blog Post URL"'>
<style>
<-- Isi akan ditampilkan pada halaman tertentu saja -->
</style>
</b:if>

Dalam contoh di atas, mungkin penjabarannya seperti ini: "Kalau kondisi data blog sama dengan atau berada pada halaman utama, maka yang harus ditampilkan itu adalah widget ini, ini, dan ini". Bagi yang sering keluar masuk halaman Edit HTML pasti tidak aneh menemukan kode-kode tersebut. Dengan menerapkan kode tersebut, kita bisa lebih berkreasi dengan halaman blog.

Blog yang menerapkan kode tersebut adalah blog hasil experimen punyaku, linknya ada di sini. Pada halaman utama blog experimen tersebut menampilkan sidebar di sebelah kanan, jika membaca artikel atau masuk ke halaman posting, maka sidebar akan hilang dan halaman posting menjadi ukuran penuh. Contoh blog lainnya yang sudah menerapkan kode tersebut adalah blog milik Kang Rohman.

Nah, sekian hasil nyontek dari Mas AiresOfwar. Kalau ingin lebih jelas lagi silahkan kunjungi beliau. Namanya juga hasil nyontek, artinya ya tidak begitu mendalam. Bagi yang tahu lebih dalam mengenai conditional tag ini silahkan berbagi dalam kolom komentar.

1 comments:

dokunimus mengatakan...

conditional tag sering digunakan untuk mempercepat loading.

[ Reply ]

Posting Komentar