Thank you for visiting my blog, if you want to find all my post, I suggest to see Daftar Tulisan, there you'll found all my posts. If there's a question, feel free to contact me. Happy Blogging...!!!

Senin, 07 Maret 2011

Tips Agar Tulisan Disukai Pengunjung

Butuh sedikit renungan mau nulis tentang ini. ada sedikit pertimbangan. 1. Blog yang saya kelola ini belum banyak disukai orang, jadi rasanya gak pantes aja ngebahas ini, 2. Masih minder ma Blogger yang notabene tulisannya selalu disukai pengunjung. Tetapi setelah melakukan renungan "nggak ada salahnya kali ya kalo di share".

Yang akan saya tulis ini bukan dari pengalaman saya, bahkan ini baru mau dicobakan di blog saya.  Sangat menyenangkan rasanya bagi seorang blogger jika tulisannya disukai banyak orang, seperti blognya kang Rohman dan tulisan kerennya Mr.Oom. Setelah saya baca dari beberapa blog, forum dan buku ada beberapa tips yang bisa kita terapkan umtuk tulisan kita di blog. Adapun tips itu sebagai berikut :
  1. Buat konten blog yang berbeda. Setiap Blogger yang ngebahas tentang tips menulis di blog pasti hal yang pertama adalah "ciptakan konten yang berbeda" . Dengan tulisan yang berbeda maka akan memberikan ciri khas untuk blog kita. Para blogger memiliki ciri khas tersendiri dalam tulisannya, walau tidak sedikit juga yang memiliki kemiripan. Sekarang yang menjadi pertanyaan "bagaimana cara membuat konten yang berbeda???" kita dapat memulai membuat blog dengan berfokus pada satu tema "bukan seperti blog gado-gado saya ini.. hehehehe" . Ciptakan ciri khas dari pola penulisan kita, seperti blog yang satu ini cyberdreambox, blog ini memiliki ciri khas tersendiri dalam tulisannya, makanya banyak yang suka.
  2. Usahakan tulisan yang kita sajikan informatif. Tulisan yang memberikan pengetahuan akan banyak disukai para pembaca. Untuk mulai menulis suatu yang informatif hendaknya melakukan riset dengan jangka waktu tertentu. Jangan memberikan informasi tanpa ada data-data yang mendukung, walau hanya sedikit usahakan itu ada. 
  3. Pemahaman akan karakteristik penulisan di media Internet hendaknya dimiliki. Membaca di monitor tidak senyaman dengan membaca di buku. Sebuah Survei menunjukan bahwa orang tidak begitu menyukai membaca tulisan yang panjang dari internet. Pertimbangkanlah kalimat-kalimat  yang tidak mendukung tulisan kita, ini hanya akan memberikan beban terhadap pembaca. Jika memang harus memberikan tulisan yang panjang, cobalah untuk membaginya dalam beberapa seri.
  4. Usahakan sesekali memberikan sapaan terhadap pembaca pada awal tulisan kita. Munculkan kalimat-kalimat yang komunikatif, Ciptakan seolah-olang pembaca berada dalam obrolan.

4 comments:

Cygnus mengatakan...

... thanks atas infonya,
mungkin saya harus mencobanya !
... nice post !

[ Reply ]
karuhun mengatakan...

selamat mencoba gan...

[ Reply ]
karuhun mengatakan...

@CygnusDicoba aja dulu gan, siapa tahu bener... :D

[ Reply ]
karuhun mengatakan...

@nted : selamat mencoba juga...

[ Reply ]

Posting Komentar