Thank you for visiting my blog, if you want to find all my post, I suggest to see Daftar Tulisan, there you'll found all my posts. If there's a question, feel free to contact me. Happy Blogging...!!!

Kamis, 31 Maret 2011

Menyisipkan "Sesuatu" di Tengah Postingan

Kotak postingan merupakan tempat untuk artikel yang ditayangkan setiap blog. Paling jarang di rekayasa atau di modifikasi, paling banter juga hanya seputar tulisan saja. Beberapa hari ini saya sendiri absen menulis karena belajar menyisipkan sesuatu di dalam kotak postingan selain tulisan. Mungkin beberapa hari ini banyak yang melihat sesuatu yang aneh dengan template blog ini.

Ya, memang pasti terkesan aneh karena acak-acakan. Semua itu terjadi karena saya sedang belajar menyisipkan sesuatu pada kotak postingan. Di antara yang di pelajari adalah memasukkan gambar serta kode iklan. Sangat menarik karena ini merupakan hal yang baru bagi saya.

Setelah browsing di google dan berkunjung ke beberapa blog (saya lupa lagi sumbernya, mohon di maafkan, tapi memang banyak yang memposting artikel mengenai hal ini), akhirnya saya menemukan pula beberapa cara untuk meletakkan sesuatu, baik gambar maupun iklan. Untuk gambar sendiri, meski pun terdapat toolbar untuk memasukkan iklan tersebut, ternyata jika dilakukan secara manual memasukkan kode sangat mudah sekali. Namun untuk iklan, ternyata ada beberapa cara yang dapat di lakukan, di antaranya adalah langsung mengetiknya pada menu Edit HTML, bukan compose. Berikut kode yang saya coba:

<div style:"border:1px solid #ccc;float:left;margin:10px;">Kode iklan di sini</div>

Cara lain yang di coba juga adalah dengan memasukkan kode dalam template. Cara ini adalah dengan masuk ke tab Design >> Edit HTML >> centang Expand Widget Template. Setelah itu adalah memasukkan kode tepat di bawah kode berikut:

<div class='post-body entry-content'>

Kode iklan yang harus di masukkan adalah dengan format berikut:

<div style:"border:1px solid #ccc;float:left;margin:10px;">Kode iklan di sini</div>

Hasil yang di peroleh adalah letak iklan yang di posting berada di bawah judul postingan sebelah kiri. Cara ketiga yang dilakukan adalah dengan memasukkan pula kode-kode iklan pada template. Yang satu ini nggak terlalu ribet juga. Tinggal mencari kode <data:post.body/> dan setelah itu adalah memasukkan kode berikut:

<div expr:id='&quot;aim1&quot; + data:post.id'/>
<div style='clear:both;margin:0;'>
kode iklan di sini
</div>
<div expr:id='&quot;aim2&quot; + data:post.id'>
<data:post.body/>
</div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;aim1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;aim2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var r=s.search(/x3C!-- adsense --x3E/igm);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);}
</script>

Hasil yang di peroleh dengan menambahkan kode ini adalah kita dapat meletakkan iklan di mana pun juga sesuai dengan keinginan hanya dengan menaruh kode <--adsense--> saat compose artikel. Itulah sekelumit pengalaman yang terjadi beberapa hari ini. Lumayan lah, menambah ilmu baru dari teman-teman blogger lain.

Catatan:
[1] Kata yang di beri huruf tebal (bold) dapat di ganti dengan kode iklan atau adsense.
[2] Kode iklan yang akan di masukkan harus sudah di parse dahulu.


Sumber:
Dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar