Thank you for visiting my blog, if you want to find all my post, I suggest to see Daftar Tulisan, there you'll found all my posts. If there's a question, feel free to contact me. Happy Blogging...!!!

Selasa, 08 Februari 2011

Antara Facebook dan Blog

Masih merupakan suatu pertentangan batin antara blog dan facebook. Dengan segala fitur yang diberikannya seperti fasilitas notes, games, chatting dsb., Facebook mampu meraih peringkat tertinggi. Sebagaimana diberitakan vivanews.com, Indonesia meraih peringkat kedua tertinggi didunia dan meraih peringkat tertinggi di Asia.

Saat ini pengguna Facebook sendiri di Indonesia sudah mencapai sekitar 34 juta jiwa, ini berarti dari mulai anak kecil hingga dewasa sudah banyak yang menggunakan Facebook. Memang tidak dipungkiri lagi bahwa Facebook memberikan segala kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaannya sehingga anak SD pun ketika diajari sedikit, mereka langsung memahaminya.

Untuk mengakses situs jejaring sosial ini kita tidak harus pergi ke warnet karena sekarang hampir setiap operator telepon gengam atau HP sudah banyak yang memberikan layanan tersendiri untuk mengakses Facebook melalui HP sehingga jangan heran ketika anda berada dalam angkot ataupun bis kota dan melihat orang senyum-senyum sendiri sambil membaca atau update status di HP mereka.

Lalu bagaimana dengan pengguna blog? Blogging memang sangat berbeda dengan Facebook, dalam dunia blog kita mungkin juga dituntut untuk lebih bisa mengembangkan potensi diri dan berbagi dengan para blogger yang lain. Tidak seperti dalam Facebook, dalam blogging, kita dituntut untuk belajar dan memahami bahasa-bahasa seperti html, css, java script, dan lain sebagainya agar dapat memperindah tampilan blog yang dimiliki.

Dunia blog tak lain seperti halnya kita memiliki rumah dan pekarangan sendiri, kita dituntut untuk memperindah rumah dan halaman blog tersebut dengan menggunakan berbagai bahasa yang cukup sulit pula, belum lagi mencari tema yang akan diberikan dalam setiap tulisan yang dibuat. Namun semua itu tidak terlepas dari wawasan dan pemikiran yang dimiliki para blogger itu sendiri.

Tidak sedikit pula mereka yang terjun dalam dunia blog adalah orang yang awalnya tidak begitu memahami bahasa pemrograman atau awam sekali seperti saya, namun seiring berkembangnya zaman dan budaya sharing ilmu dan pengetahuan yang tercipta antara para blogger membuat suatu tantangan tersendiri sehingga saat ini saya memberanikan diri mencoba kembali untuk terjun dalam dunia blog.

Kenapa banyak orang yang lebih memilih menggunakan Facebook daripada sebuah blog dan bahkan tidak sedikit pula pengguna blog yang beralih menjadi pengguna Facebook sejati?. Tidak perlu heran pada semua itu, dalam Facebook kita hanya tinggal register dan langsung dapat kita gunakan. Berbeda sekali dengan blog yang harus memilih template, menentukan layout dan sebagainya.

Sempat saya mengamati dan ngobrol antara beberapa pengguna Facebook dengan pengguna blog. Para pengguna Facebook kebanyakan ternyata lebih cenderung menikmati dunia Facebook hanya sebagai sarana entertainment atau "pancakaki" saja dengan pengguna Facebook lainnya sedangkan mereka yang menggunakan blog lebih cenderung berbagi informasi yang dimiliki.

Dulu ketika saya bekerja pada salah satu stasiun radio di kota Bandung ada suatu acara yang bernama Rumpisari (Ngarumpi Nu Nyari). Dalam acara tersebut lebih cenderung berbagi pengetahuan daripada hanya sekedar request lagu. Demikian pula dengan dunia blog, informasi yang dimiliki oleh seseorang dengan orang lain sangat berbeda, ketika sharing dalam dunia blog maka pengetahuan akan jadi bertambah, hal ini tentu saja berbeda sekali dengan pengguna Facebook yang hanya menikmatinya sebagai sarana "pancakaki" saja.

Namun terlepas dari itu semua dan dari keadaan yang terlihat di lapangan, ternyata semuanya adalah merupakan pilihan. Bagi anda yang lebih memilih berselancar dalam dunia maya dengan Facebook mungkin anda pun dapat menggunakannya dengan bijak sehingga akan terlihat hasil dan manfaat dalam kehidupan. Begitu pula bagi anda yang lebih memilih dunia blog sebagai sarana berbagi, menggunakan blog dengan bijak dengan menghasilkan karya tulis terbaik buah pikiran anda mungkin akan menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi anda.

Hanya sekedar memilih saja apa susahnya. Namun alangkah baiknya jika kita bisa memilih keduanya, mengkolaborasikan antara pengetahuan yang dimiliki dan berbagi terus, baik itu dalam dunia Facebook maupun dalam dunia blog demi berkembangnya ilmu, pengetahuan serta potensi diri kita.

0 comments:

Posting Komentar