Thank you for visiting my blog, if you want to find all my post, I suggest to see Daftar Tulisan, there you'll found all my posts. If there's a question, feel free to contact me. Happy Blogging...!!!

Selasa, 22 Februari 2011

Menjaga Otak Tetap Berfungsi

Bagi manusia, otak merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Memiliki berat kurang lebih 1.5 kg dan lebih dari 100 juga sel saraf yang saling berhubungan satu sama lain. Fungsi otak bagi manusia adalah sebagai control panel (pusat pengaturan) yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan akal atau pemikiran. Oleh karena itu terdapat kaitan yang sangat erat sekali antara otak dan akal/pemikiran.

Otak manusia dapat pula diibaratkan sebagai sebuah prosesor komputer yang canggih. Bedanya, kinerja prosesor komputer dapat diuraikan secara logika, sedangkan otak manusia tidak dapat diuraikan secara logika. Merry Magdalena menuliskan 10 misteri otak yang masih dicari penjelasan ilmiahnya oleh para ilmuwan, namun tetap saja misteri tersebut menjadi rahasia kehidupan dan merupakan ciptaan Allah SWT yang sangat luar biasa.

Demikian pentingnya fungsi otak bagi manusia sehingga al-Qur'an menyebutkan dalam surat At-Taubah ayat 87 yang artinya: "Orang-orang yang banyak menganggur dalam hidup ini, biasanya akan menjadi penebar isu dan desas desus yang tak bermanfaat. Itu karena akal pikiran mereka selalu melayang-layang tak tahu arah dan Mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang".

Karena pentingnya fungsi otak tersebut, maka sudah seharusnya kita menjaga kesehatan dan fungsi otak tersebut, bahkan Ust. ASM. Romli mengatakan bahwa saat yang paling berbahaya bagi otak manusia adalah manakala pemiliknya menganggur dan tak berbuat apa-apa. Aktivitas yang monoton apalagi tidak menggunakan fungsi otak dengan sebaik-baiknya hanya akan membuat otak menjadi mengkerut dan tumpul.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan otak maka diperlukan olahraga yang tepat karena olahraga bagi otakpun sama pentingnya dengan olahraga agi kesehatan tubuh. Dengan olahraga otak, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan. Merry Wahyuningsih menuliskan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengasah otak atau olahraga otak:
  • Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan
  • Membaca
  • Bermain puzzle atau teka-teki silang
  • Bermain permainan strategi
  • Ubah rutinitas
  • Belajar bahasa asing
  • Menikmati musik
  • Latihan fisik
  • Hidup sosial
  • Mencari hobi baru
Dengan demikian mulai sekarang mari kita jaga kesehatan dan fungsi otak kita dengan melakukan berbagai aktivitas positif, jangan hanya tidur, makan dan tidur. Tidak ada salahnya kita mulai dengan karya nyata yang produktif sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT. Satu hal yang lebih penting lagi, "jangan pernah membiarkan otak kita terus menganggur karena semakin didiamkan maka otak manusia akan semakin tumpul".

Dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar